Pages

Saturday, October 18, 2014

K O T A P E M A L A N G



Pemalang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pantai utara Pulau Jawa. Secara astronomi Kabupaten terletak antara 1090 17’30” – 1090 40’30” Bintang Timur dan 80 52’30” – 70 20’11” Lintang Selatan. Kabupaten Pemalang terletak disebelah barat Kota Semarang berjarak antara 135 km, jika ditempuh dengan perjalanan darat kurang lebih akan memakan waktu 2 – 3 jam perjalanan. Luas Kabupaten Pemalang 1.115,30 km2, terletak disebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa, disebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga di sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan disebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Tegal. Dengan demikian Kabupaten Pemalang memiliki posisi yang sangat strategis baik di bidang perdagangan maupun pemerintahan.

 Kabupaten Pemalang

 Alun - alun Pemalang

 Masjid Agung Pemalang
 
Kabupaten Pemalang memiliki topografi bervariasi, bagian Utara merupakan daerah pantai dengan ketinggian berkisar antara 1 – 5 meter diatas permukaan laut dan dibagian Selatan merupakan dataran tinggi dan pegunungan yang sangat subur serta berhawa sejuk dengan ketinggian 16 – 925 meter diatas permukaan laut. Kabupaten Pemalang dilintasi oleh dua buah sungai besar yaitu Sungai Waluh dan Sungai Comal yang menjadikan Kabupaten Pemalang merupakan  daerah aliran sungai yang subur dan asri.

Kabupaten Pemalang terdiri dari 14 Kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan terletak di Kecamatan Pemalang. Kecamatan – kecamatan yang ada di Kabupaten Pemalang diantaranya : Kecamatan Pemalang, Kecamatan Taman, Kecamatan Petarukan, Kecamatan Bantarbolang, Kecamatan Randudongkal, Kecamatan Moga, Kecamatan Warungpring, Kecamatan Belik, Kecamatan Pulosari, Kecamatan Watukumpul, Kecamatan Ampel Gading, Kecamatan Bodeh, Kecamatan Comal, dan Kecamatan Ulujami.

Sentra usaha dan perdagangan yang ada di Kabupaten Pemalang diantaranya : Sentra Tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin), Konveksi, Kerajinan Kulit Ular, Kerajinan Sapu Glagah, Kerajinan Mainan Anak Tradisional, dan kerajinan  - kerajinan lainnya. Keanekaragaman seni budaya yang ada di Kabupaten Pemalang diantaranya : Sintren, Kuntulan, Pencak Silat dan lain – lain. Kuliner khas Kabupaten Pemalang antara lain : Nasi Grombyang, Sate Loso, Lontong Dekem, Tahu Campur, Apem Comal, Khamir Arab, Krecek, dan masih banyak juga yang lainnya.
Dibidang peternakan yang paling cocok di Kabupaten Pemalang adalah ternak : Sapi Potong, Sapi Perah, Kambing, Domba, Kerbau, Kuda, Ayam Burat, Ayam Petelur, Ayam Pedaging, Itik, Burung Puyuh, Burung Dara/Merpati, Tambak Udang, Tambak Ikan Bandeng, dan hasil laut yang sangat berlimpah.

Dibidang pariwisata Kabupaten Pemalang memiliki tempat wisata yang sangat indah dan asri diantaranya : Pantai Widuri, Widuri Water Park, Pantai Blendung, Pantai Joko Tingkir, Gunung Gajah, Goa Gunung Wangi, Curug Sibedil, Curug Barong, Bukit Mendelem, Telaga Rengganis, Telaga Silating, Kolam Renang Banyumudal Moga, Mata Air Cempaka Wulung, Air Terjun Sipendok, Air Terjun Bengkawah, Air Terjung Lawang dan Agropolitan Waliksarimadu.

SENI KEBUDAYAAN DI PEMALANG


SINTREN

Sintren adalah kesenian tari tradisional masyarakat Jawa, khususnya darerah pesisir utara Jawa Barat dan Jawa Tengah yaitu di daerah : Pemalang, Indramayu, Cirebon, Majalengka, Jatibarang, Brebes, Banyumas, Kuningan dan Pekalongan. Kesenian Sintren berasal dari Kisah Sulandono sebagai putra Ki Bahurekso Bupati Kendal yang pertama hasil perkawinannya dengan Dewi Rantamsari yang dijuluki Dewi Lanjar. Raden Sulandono memadu kasih dengan Sulasih seorang Putri dari Desa Kalisalak, namun hubungan asmara tersebut tidak mendapat restu dari Ki Bahurekso, akhirnya R. Sulandono pergi bertapa dan Sulasih memilih menjadi penari. Meskipun demikian pertemuan diantara keduanya masih terus berlangsung melalui alam gaib. Pertemuan tersebut di atur oleh Dewi Rantamsari yang memasukkan roh bidaadari ke tubuh Sulasih, pada saat itu pula R Sulandono yang sedang bertapa dipanggil oleh roh ibunya untuk menemui Sulasih dan terjadilah pertemuan antara Sulasih dan R Sulandono. Sejak saat itulah setiap diadakan pertunjukan sintren sang penari pasti dimasuki roh bidadari oleh pawangnya, dengan catatan bahwa hal tersebut dilakukan apabila sang penari masih dalam keadaan suci (perawan). Tari sintren ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu terlihat dari panggung dan alat – alat musiknya yang terbuat dari tembikar atau gembyung dan kipas dari bambu yang ketika ditabuh dengan cara tertentu menimbulkan suara yang khas. Sintren diperankan oleh seorang gadis yang masih suci, dibantu oleh pawang dengan diiringi gending 6 orang. Tari Sintren dilengkapi dengan penari dan didampingi oleh bodor (lawak).

 Tari SINTREN

KUNTULAN
Kuntulan adalah jenis kesenian Islami yang berasal dari Kabupaten Pemalang. Kesenian ini berisi tentang gerakan – gerakan yang demonstratif. Dasar dari tari Kuntulan ini adalah gerakan jurus – jurus silat / pencak silat yang gerakannya dimodifikasi, akrobatik, dan dijadikan sebagai pertunjukan hiburan, dengan diiringi suara perngkat musik tradisional yaitu Rebana dan Bedug, juga diiringi dengan bacaaan Shalawat Nabi. Tari Kuntulan ini biasanya digunakan untuk penyambutan tamu – tamu kehormatan, tamu – tamu resmi, diadakan untuk hiburan upacara perkawinan, khitanan atau hajatan lainnya, bahkan terkdah juga digunakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI dan hari – hari peringatan lainnya.



Kebudayaan Kuntulan


WISATA DI PEMALANG


Pantai Widuri

 Widuri Water Park

 Gunung Gajah

 Goa Gunung Wangi

Curug Sibedil

 Telaga Silating
 

Curug Barong 

 Kolam Renang Banyumudal (MOGA) 

Cempaka Wulung (MOGA)

Pantai Blendung

Telaga Rengganis

Bukit Mendelem


KULINER DI PEMALANG

  Nasi Grombyang 

 Lontong Dekem 

 Sate Loso 


Tahu Campur

Sayur Krecek

Apem Cukip

Kamir Arab


Keragaman Seni, Budaya, Wisata, dan Kuliner di Kota Pemalang sangat berkaitan satu sama lainnya. Disamping itu kenyamanan, keasrian, dan keamanan Kota Pemalang sangat terjamin. Apakah Anda berminat untuk berwisata? Datanglah ke Kota Pemalang, Anda akan menemukan kenyamanan berkunjung serta berlibur di Kota Pemalang.

1 comments: